Changer.com - Instant Exchanger
Get Paid To Promote, Get Paid To Popup, Get Paid Display Banner

Friday 9 December 2016

Belajar Bahasa HTML Dasar

Bahasa HTML adalah bahasa dasar untuk membangun sebuah web/situs. Sebelum memulai belajar web programming, anda dituntut untuk menguasai bahasa HTML terlebih dahulu. Dan di bawah ini adalah panduan bahasa HTML yang kami susun mulai dasar hingga tingkatan yang lebih rumit. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda.(amin)

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language. Ini adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi. Bahkan cukup tinggi sehingga mudah dipelajari oleh mereka yang awam sekalipun. Apabila anda memakai aplikasi pengolah kata jaman dahulu seperti WordStar atau WS, maka anda akan sangat mudah memahami bahasa HTML ini.

Cara Membuat file HTML

Untuk membuat file HTML sangatlah mudah. Anda cukup menuliskan beberapa baris kata yang ingin anda tampilkan dan simpan filenya dengan ekstensi html. Tapi biasanya secara default, Windows menyembunyikan ekstension sehingga agak sulit bagi anda untuk mengubah extension-nya. Maka, kita perlu menampilkannya terlebih dahulu.

Pertama, buka Windows Explorer dan buat satu folder khusus untuk belajar kita. Sebut saja nama foldernya TUTORIAL.
Kedua, Klik menu Tools – Folder Options
Ketiga,Klik Tab View lalu hilangkan centang pada opsi Hide Extension for Known File Types
Maka anda akan bisa melihat extension semua file. Sekarang untuk membuat sebuah file HTML, anda cukup klik kanan di folder tersebut lalu pilih New – Text Document.

Sekarang beri nama file html pertama kita dengan nama pertamax.html Akan muncul peringatan karena anda telah mengubah extension. Klik saja Yes.

Nah,sekarang mari kita coba menuliskan kode HTML pertama kita. Masih ingat file html pertamax.html yang sudah kita buat di pengenalan HTML sebelumnya? Edit file itu menggunakan Notepad. Saya sendiri menyarankan menggunakan Notepad++ sebuah software yang mirip notepad tapi dikhususkan untuk menulis kode-kode programming. Jika anda sempat, silahkan download notepad++ dulu. Tapi pakai notepad bawaan windows juga oke kok.
Sekarang coba ketik ini di notepad anda.


Apa Kabar Dunia!!!


Simpan file itu dan klik dua kali file pertamax.html. Bagaimana hasilnya?
Yup benar, akan muncul tulisan Apa Kabar Dunia di browser anda. Mudah sekali bukan?

TEXT FORMATING

Sekarang bagaimana memanipulasi tampilan tulisan sehingga menghasilkan tampilan yang keren seperti di website-website pada umumnya. Maka disinilah kita mulai belajar HTML. Kita akan melakukan Markup tulisan sehingga bisa muncul sesuai keinginan.
Manipulasi yang pertama adalah Text Formating. Ini adalah manipulasi bagaimana menampilkan text yang sesuai keinginan. Meliputi bagaimana menebalkan text, memiringkan, memberi garis bawah, dll. Kita mulai yuk. Silahkan lihat tabel berikut:

<strong> Menebalkan huruf
<em> Memiringkan huruf
<ins> Menggarisbawahi huruf
<del> Mencoret huruf
<kbd> Membuat huruf keyboard
<sub> Membuat huruf subscripted
<sup> Membuat huruf superscripted

Tag HTML memiliki sepasang tanda yaitu pembuka dan penutup. Misalnya tag strong, dia memiliki dua tag untuk pembuka yaitu <strong> dan penutup </strong>. Untuk menggunakannya, anda tinggal memasang text diantara dua tag tersebut. Contohnya jika ingin menebalkan tulisan kita sebelumnya


<strong>Apa Kabar Dunia!!!</strong>


Sekarang cobalah untuk tag-tag yang lain. Seperti ini misalnya:


<strong>Welcome to My Blog!!!</strong>
<em>Welcome to My Blog!!!</em>
<ins>Welcome to My Blog!!!</ins>
<del>Welcome to My Blog!!!</del>
<kbd>Welcome to My Blog!!!</kbd>
<sub>Welcome to My Blog!!!</sub>
<sup>Welcome to My Blog!!!</sup>



Selengkapnya klik disini sementara sekian dulu dari saya Selamat Belajar dan semoga bermanfaat...
Paid2YouTube.com